Profil

kenalin gan nama lengkap ane Reychan Faizzurrahman panggil aja Faiz, alamat rumah : JL.Bhakti II/21 Blok A Perumahan Trangkil Sejahtera RT.02 RW.10 Kel Sukorejo Kec gunungpati SEMARANG, hobi ane gambar gan. klo nggk percaya nih buktinya Semarangstreetartcrew.blogspot.com, ane sekolah di SMK muhammadiyah 2 semarang . disini ane cuman mau bagi2 ilmu tentang segalanya ya nggk semua sih gan, tapi semoga bermanfaat untuk agan2 semua .. THANKS

Senin, 08 April 2013

Mengenal Windows Server 2003

Pengetahuan Dasar Tentang Windows Server 2003 - Bagi seorang administrator networking, pasti tahu akan adanya windows server 2003, Semenjak pemberian nama pada windows 95 yang menggunakan nama tahun sebagai nama produk, microsoft mempertahankan konsep penamaan ini pada produk berikutnya seperti Windows 98, Windows 2000 dan sekarang Windows 2003.    Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya microsoft telah mengganti nama untuk produk windows 2003 ini sebanyak 5 kali? Pertama nama produk pengganti windows 2000 ini adalah “Whisler” kemudian diganti menjadi “Windows 2002 server”, diganti lagi menjadi “Windows .NET Server” kemudian “.NET Server 2003” dan terakhir menjadi “Windows Server 2003”.
Dalam tutorial yang berjudul Pengetahuan Dasar Tentang Windows Server 2003 ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang windows server 2003 dimana saya sendiri sedikit belajar karena kebutuhan di tempat kerja dan tempat kerja manapun pasti akan membutuhkan seorang administrator yang mengharuskan saya untuk belajar windows server ini untuk kebutuhan manajemen di system komputer sebuah perusahaan.
Jika dari anda yang ingin belajar secara sederhana anda bisa membuat 2 OS di 1 komputer anda  dengan menggunakan VMWARE atau virtualbox. untuk pembahasannya akan saya bahas pada tutorial selanjutnya. Sebelumnya saya juga pernah membahas tentang Belajar Virtual Jaringan kali ini saya sedang belajar windows server 2003, maklum masih newbie.
1. Versi Windows Server 2003
Windows Server 2003 dikeluarkan dalam berbagai versi, tetapi semuanya merupakan versi untuk server. Adapun versi-versi yang dikeluarkan oleh microsoft untuk server terbaru mereka ini adalah sebagai berikut:
  • Windows 2003 Standar Edition
  • Windows 2003 Enterprise Edition
  • Windows  2003 Data Center Edition
  • Windows  2003 Web Edition 
  • Windows  2003 Small Business Server Edition 
Pembagian diatas merupakan pembagian produk secara umum, dalam arti jika mencari variannya  maka terdapat lebih dari 5, seperti Enterprise versi 64-bit dan Data Center versi 64-bit.
2. Perbedaan Antar Produk Windows 2003
Windows 2003 Standar Edition: Digunakan untuk perusahaan kecil dan menengah dengan kebutuhan standard. 
Windows 2003 Enterprise Edition: Merupakan produk yang lebih superior dibandingkan dengan edisi Standard dengan dukungan 8 Processor serta mendukung memory sampai 32GB dan 64GB pada versi 64 bit serta mendukung processor Itanium.
Windows  2003 Data Center Edition: Merupakan produk yang tidak dijual langsung kepada customer. Jenis sistem operasi ini dijual microsoft kepada pembuat komputer server seperti HP, DELL, ACER dan lain-lain untuk dijual lagi kepada konsumen secara paket (hardware dan software). Jenis ini mendukung sampai 64 processor dengan 512GB RAM pada produk 64-bit.
Windows  2003 Web Edition: Merupakan jawaban microsoft atas kebutuhan server yang hanya digunkan sebagai web server dengan batasan maksimum dua processor dan 2GB RAM. Tentu saja dengan keterbatasan ini, harga jenis produk ini juga lebih murah. Selain itu produk ini tidak bisa digunakan sebagai Domain Controller(DC). Mengenai Domain Controller akan kita bahas pada bab berikutnya. 
Windows  2003 Small Business Server: Merupakan paket produk microsoft yang  all in one yang sering digunakan oleh perusahaan kecil. Microsoft menyatukan berbagai produk didalamnya dan menjadikannya sebagai satu paket dengan harga yang dianggap cukup terjangkau untuk perusahaan kecil. Produk yang disatukan itu diantaranya Windows Server Standard Edition, Microsoft Exchange 2003, Sharepoint Service dan Microsoft Shared Fax Services.
3. HCL (Hardware Compatibility List)    
HCL berisi informasi setiap hardware yang compatible dengan sistem operasi yang digunakan dan memang sudah seharusnya anda mengecek terlebih dahulu spesifikasi hardware yang anda miliki agar instalasi windows server 2003 anda terbebas dari masalah.     Hardware yang tidak ada didalam HCL sangat mungkin membuat anda tidak akan bisa melakukan instalasi windows server 2003 sampai hardware tersebut dicabut atau diganti. Artinya tidak semua hardware didukung oleh sistem operasi microsoft ini. Dalam bahasan ini, saya hanya menampilkan HCL untuk sistem operasi windows server 2003 versi Enterprise Edition, daftarnya adalah sebagai berikut: 
  • Minimum Pentium II 133Mhz atau lebih tinggi  
  • Hardisk minimum 2GB dengan 1GB free space 
  • Memory(RAM) minimum 128MB 
  • CD-ROM 12x
  • Display VGA atau resolusi yang lebih tinggi
Demikian tutorial singkat tentang windows server 2003.
Sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar